REMPUNGBLOGS

Just another WordPress.com site

STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN TRADISIONAL LOMBOK

BAB l

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Setiap perusahaan pada umumnya dalam melaksanakan usahanya mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai. Adapun tujuan utama dari dari perusahaan itu adalah menciptakan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen untuk memperoleh laba atau keuntungan didalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta tumbuh dan berkembang kearah lebih maju.

Untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut , setiap perusahaan harus mampu mempertahankan pangsa pasar dengan membina hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen. Hal ini hanya bisa dilakukan apabila perusahaan mampu menerapkan konsep pemasaran dalam menjalankan usahanya.

Pemasar adalah proses dimana seseorang atau kelompok dapat memehuhi need dan want melalui penciptaan , penawaran atau pertukaran barang dan jasa ( philip Kotler dalam buchari Alma, 2002 : 4-5 ).

Berdasarkan pengertian pemasar tersebut maka agar suatu perusahaan tetap berkembang , maka perusahaan tersebut harus mampu memahami kebutuhan pelanggan dengan baik, mengembangkan produk yang mempunyai nilai keunggulan, dan menerapkan harga, mendistribusikan dan mempromosikan produknya dengan efektif

Untuk itu didunia usaha dituntut untuk tanggap terhadap situasi pasar yang terjadi, dimana makin banyak perusahaan yang bergerak dibidang yang sama sudah mulai bermunculan. Dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru tersebut merupakan masalah bagi perusahaan karena akan menimbulkan persaingan yang semakin tajam, khususnya bagi perusahaan sejenis. Dengan adanya persaingan tersebut maka setiap perusahaan hendaknya berusaha untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan dengan berbagai macam cara guna memperoleh keuntungan yang diharapkan dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Strategi pemasaran merupakan fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan untuk dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesimbungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Perkembangan perekonomian dunia yang pesat membawa pengaruh posititif pada komoditi-komoditi khas kerajinan daerah tradisonal lombok untuk dikembangkan dan dilestarikan kebudayaan daerah yang kondusif dan serasi untuk menghadapi tantangan dan perubahan dimasa depan,sasaran yang ingin dicapai meliputi pengembangan sikap kritis untuk mempertahankan nilai-nilai budaya yan positif sebagai wujud pertanggungg jawaban terhadap generasi bangsa, mengembangkan kebebasan masyarakat untuk berkreasi dan berkesenian sesuai etika, moral dan agama, pelestarian dan mengembangkan nilai-nilai budaya serta pembinaan dan penyelarasan informasi kebudayaan.

Berkaitan dengan hal tersebut bahwa penelitian Young artshop yang berlokasi dipringgasela kecamatan pringgasela yang sering disebut dengan perajin kain tenun gedongan tradisional sasak , kain tenun gedongan pringgasela ini memiliki desain dan kualitas khusus .konsumen dari jepang dan australia menyukai kain tenun pringgasela karena terbuat dari bahan-bahan tradisioanal begitupun dengan proses pembuatannya yang menggunakan alat tenun tradisional seperti,Lompat jajak, Gedang Jajak, tutukan, pelebas , kateles, penggolong, pelomba gurun , belida , pelomba gurun belida, suri, apit, Tali lekot. untuk pembuatan kain tenun ini dipintal dengan tangan dan pewarnanya masih menggunakan pewarna dari kulit kayu sehingga menghasilkan warna yang natura. Adapun tujuan jangka panjang dan jangka pendek Young artshop dipringgasela , tujuan jangka panjang adalah ingin memperkenalkan produk kain tenun tradisional lombok , baik di daerah NTB, luar NTB , maupun manca negara, sedangkan tujuan jangka pendek adalah dapat berkembang dan memperoleh keuntungan

Maret 25, 2011 - Posted by | Skripsi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: